Zulfa, Alfina Rizka (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ORIGAMI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NOVIA JALAN PEMBANGUNAN 3 NO. 13 MEDAN HELVETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133371007_COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM. 1133371007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
3. NIM. 1133371007_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
4. NIM. 1133371007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 1133371007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 1133371007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7. NIM. 1133371007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 1133371007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM. 1133371007_BAB I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
13. NIM. 1133371007_BAB V.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
14. NIM. 1133371007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa perkembangan motorik
halus anak belum berkembang dengan baik dikarenakan kegiatan pembelajaran
masih bersifat biasa, kurang bervariasi sehingga anak merasa cepat bosan dan
lebih memilih bermain sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
sejauh mana pengaruh media origami terhadap perkembangan motorik halus anak
usia 5-6 tahun di TK Novia Jalan Pembangunan 3 No.13 Medan Helvetia
Menurut Sumantri (2005:143) “melipat pada hakekatnya merupakan
keterampilan tangan untuk menciptakan bentuk-bentuk tertentu tanpa
menggunakan bahan perekat lem serta ketelitian ini membutuhkan keterampilan
koordinasi tangan, ketelitian dan kerapian, didalam kegiatan melipat jika disajikan
dengan minat anak yang akan memberikan keasikan dan kegembiraan serta
kepuasan bagi anak”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pretest-
Postest Control Group Design, dimana populasinya adalah seluruh anak TK
Novia Medan Helvetia tahun Ajaran 2016-2017 dengan jumlah 30 orang dan
kelas samplenya 15 orang dengan kelas B1 sebagai kelas kontrol, 15 orang
dengan kelas B2 sebagai kelas eksperimen, teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi terstruktur, dan analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelas
eksperimen 3,017 dan pada kelas kontrol 2,633. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa perkembangan motorik halus anak kelas eksperimen lebih baik dari pada
kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesisi diperoleh yaitu 6,736 >
2,145 pada taraf nyata = 0,05. Dengan demikian media origami berpengaruh
secara signifikan terhadap perkembangan motorik halus anak di TK Novia Jalan
Pembangunan 3 No. 13 Medan Helvetia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PLS 075 |
Keywords: | MEDIA ORIGAMI, PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LB Theory and practice of education > LB3602 School life. Student manners and customs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:07 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27595 |