situngkir, Hotmaita (2017) STUDI PERSEPSI ORANGTUA TENTANG KONSEP CALISTUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD GLORIA DESA PAROPO KECAMATAN SILAHISABUNGAN KABUPATEN DAIRI T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133113011_COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM. 1133113011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
3. NIM. 1133113011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM. 1133113011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 1133113011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 1133113011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 1133113011_BAB I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
11. NIM. 1133113011_BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
12. NIM. 1133113011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi orangtua
tentang konsep calistung pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tanggapan orangtua tentang calistung di PAUD Gloria Desa Paropo
Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif.
Sampel penelitian adalah 60 orangtua (baik ayah atau ibu) yang anaknya
mengikuti pendidikan di PAUD Gloria Desa Paropo Kecamatan Silahisabungan
Kabupaten Dairi. Data ini diperoleh dengan menggunakan angket, dan
menganalisis dengan memperhitungkan persentase. Rumus yang digunakan dalam
menganalis data yaitu: P =
x 100%.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persepsi orangtua
tentang tujuan belajar calistung sebanyak 31,6% meyatakan sangat setuju dengan
Tujuan calistung pada anak usia 5-6 tahun adalah untuk pengenalan angka dan
huruf. Dilihat dari materi pembelajaran sebanyak 56,6% menyatakan kurang
setuju bahwa Paud tidak diperkenankan mengajarkan materi calistung secara
langsung sebagai pembelajaran sendiri-sendiri (fragmented) kepada anak-anak.
Dilihat dari metode membaca paud sebanyak 50% tidak setuju dengan Anak
diajarkan membaca nama sendiri dan membaca beberapa kata. Dilihat dari
metode menulis 45,8% menyatakan kurang setuju bahwa Anak diajarkan
menulis nama sendiri dan menulis beberapa kata sederhana. Dilihat dari metode
berhitung 45,9% menyatakan kurang setuju bahwa Anak belajar berhitung melalui
permainan yang mampu mengembangkan aspek konitif. Dilihat dari media
pembelajaran calistung 49,2% menyatakan kurang setuju dengan pernyataan
Pengenalan calistung pada anak dilakukan melalui media benda-benda yang ada
di kelas bukan hanya berhitung dengan menulis dibuku. Dilihat dari frekuensi
waktu belajar calistung 42,5% menyatakan kurang setuju dengan pernyataan
Tidak ada pembelajaran khusus calistung pada anak setiap hari. Dari hasil
penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa persepsi orangtua tentang
calistung pada anak usia 5-6 tahun secara keseluruhan tidak setuju.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 075 |
Keywords: | Pengertian persepsi,Calistung,Perkembangan Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 15:04 |
Last Modified: | 06 Dec 2017 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27590 |