Khairunnisa (2017) FORMAT PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI ERA GLOBAL. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sudah mencapai usia kurang lebih 42 tahun, namun belum tampak adanya suatu kondisi yang memuaskan dan optimum. Bahkan format Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai program pendidika, masih diperdebatkan di kalangan praktisi dan akademisi. Hal ini menunjukkan, perlu adanya kesepakatan dan kebijakan mengenai format kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial dan penguatan implementasi pembelajarannya. format Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai program pendidikan ke dalam rancang bangun dengan ciri-ciri: (1) mempunyai tujuan utama meningkatkan kompetensi warga negara dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap ya (2) menggunakan pengetahuan, keterampilan dan sikap di dalam dan lintas keilmuan; (3) membantu siswa membangun dasar pengetahuan dan sikap yang berasal dari disiplin akademik sebagai cara khusus, dalam memandang realita; (4) pengembangan pendekatan baru dan terpadu untuk memecahkan isu-isu penting bagi kemanusiaan. Oleh karena itu, format pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial harus dibangun dengan mendasari pada prinsip-prinsip pembelajaran, yakni: (1) meaningfull); integrative) value-based), challenging); dan active).
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Ilmu sosial; Era global; Format pendidikan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Nov 2017 06:14 |
Last Modified: | 29 Nov 2017 06:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27577 |