MODEL PEMBERIAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KELAS

Manalu, Jimmi Apul Maringan (2017) MODEL PEMBERIAN MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KELAS. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Motivasi adalah dorongan baik itu yang berasal dari dalam maupun luar diri yang mengerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Pemberian motivasi guru dalam pembelajaran dapat menumbuhkan inisiatif, kemampuan-kemampuan yang kreatif dan semangat berkompetisi yang sehat, pemberian penghargaan sebagai upaya pembinaan motivasi tidak selalu harus berwujud atau barang, tetapi dapat juga berupa pujian-pujian dan hadiah-hadiah im-material. Skinner berpendapat, pribadi seseorang terbentuk dari akibat respon terhadap lingkungannya, untuk itu hal yang paling penting untuk membentuk sebuah kepribadian adalah adanya motivasi. Dalam pelaksanaan pembelajarn di dalam kelas, terdapat berbagai karakter yang unik dari peserta didik. Dengan adanya keberagaman tersebut kondisi kelas juga beragam, kadang kondusif atau sebaliknya. Oleh karena itu kedisiplinan harus diterapkan di dalam kelas. Dalam upaya membentuk sikap disiplin, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi sikap disiplin. Karena disiplin adalah sebuah ketaatan dan kepatuhan serta sikap atau perubahan tingkah laku maka hal tersebut tergantung dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Menurut Syarif Hidayat (2013:95) terdapat tiga faktor yang perlu diperhatikan yaitu (1) kesadaran; (2) keteladanan, dan (3) penegakan aturan. Kesadaran merupakan faktor utama dalam tegaknya disiplin. Sedangkan keteladanan dan penegakan peraturan tidak akan mampu bertahan bila tidak dilandasi dengan kesadaran yang tumbuh dalam diri seseorang. Pihak sekolah terutama guru memiliki peranan yang penting dalam mendisiplinkan siswanya. Disiplin ditegakkan dan dibina secara bersama-sama antara sekolah, guru, karyawan, dan lingkungan keluarga. Dan dalam pelaksanaannya membutuhkan konsistensi dan berkesinambungan sehingga disiplin menjadi sebuah karakter yang terinternalisasi dengan baik bagi peserta didik. Sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai optimal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Motivasi; Disiplin kelas; Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518 Individual ethics. Character. Virtue
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:19
Last Modified: 29 Nov 2017 02:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27565

Actions (login required)

View Item
View Item