PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (STUDI KASUS: PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH CIPINANG BOGOR)

Aulia, Rihlah Nur and Firdaus, Moh. and Mardhiah, Izzatul and Narulita, Sari (2017) PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (STUDI KASUS: PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH CIPINANG BOGOR). In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan nilai karakter peduli lingkungan di pesantren Darunnajah Cipining dan menjelaskan nilai-nilai pembentuk karakter peduli lingkungan dan strategi pelaksanaan karakter peduli lingkungan di Pondok pesantren Darunnajah Cipining Bogor. Hasil Penelitian ini menyimpulkan: Pertama, bahwa Pesantren merupakan institusi pendidikan yang menerapkan pendidikan karakter peduli lingkungan secara integral dalam keseluruhan proses pendidikan dan pembelajaran yang ada dalam pesantren. Karena itu terbentuklah kultur khas pesantren yang membedakannya dengan sistem pendidikan di luar pesantren. Kedua, Nilai-nilai yang dikembangkan pesantren dalam membentuk karakter peduli lingkungan terintegrasi dalam kebijakan-kebijakan pondok pesantren, yang terdapat dalam: (1) kebijakan berwawasan lingkungan, dapat dilihat pada visi dan misi pesantren serta strategi pesantren, seperti memasukkan nilai-nilai peduli lingkungan dalam kurikulum, Meski bersifat hidden curiiculum. (2) implementasi pengelolaan lingkungan baik, dilihat dari aspek kegiatan partisipatif yang melibatkan santri. Selain itu pesantren telah ikut serta dalam memperbaiki lingkungan sekitar bersama masyarakat melaksanakan kegiatan reboisasi, melalui pembagian bibit pohon dan melakukan penanaman pohon bersama kepada warga setiap tahunnya. (3) terdapat pengembangan sarana dan prasarana ramah lingkungan di pondok pesantren, dapat dilihat dari aspek peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan didalam dan diluar kawasan ponpes meskipun belum dilengkapi dengan adanya sumber energy alternatif (4) terdapat nilai-nilai karakakter peduli lingkungan, yang pada akhirnya menjadi budaya santri seperti: budaya kejujuran seperti santri melakukan pemanfaatan terhadap lingkungan secara bertanggungjawab seperti melakukan pemanfaatan air bekas pakai yang digunakan santri untuk irigasi sawah, tanaman di Hutan yang dikelola santri, dll. budaya disiplin, strategi pimpinan dalam membentuk disiplin santri sangat bijak seperti santri yang melanggar hukuman tata tertib pondok pesantren dengan cara menanam dan merawat pohon di lingkungan sekitar asrama dan sekolah serta hutan yang dimiliki pondok pesantren. Budaya kreatif dalam memanfaatkan alam dan mengelolanya. Budaya bersih baik pribadi santri, kamar, lingkungan asrama dan lingkungan pesantren secara menyeluruh. Ketiga, Adapun strategi pelaksanaan pondok pesantren dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter peduli lingkungan melalui: proses pembelajaran, pembentukan budaya pesantren, kegiatan kokurikuler, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Peduli lingkungan; Pondok pesantren; Nilai karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Nov 2017 01:57
Last Modified: 29 Nov 2017 01:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27562

Actions (login required)

View Item
View Item