Erlinda, Nuraini (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Tulisan ini membicarakan tentang implementasi pembelajaran IPS untuk pendidikan karakter dengan memberikan penguatan terhadap muatan nilai-nilai sosial-budaya, termasuk nilai-nilai sosial dan nilai-nilai kearifan lokal. Pendidikan karakter seharusnya sudah diberikan kepada seorang anak, sejak usia dini dalam lingkup pendidikan yang paling dasar yaitu lingkungan keluarga. Pola perilaku moral anak akan dapat mudah dibentuk jika terpenuhi dalam pendidikan yang diberikan
orang tua dan teraktualisasi dalam lingkup masyarakatnya. Simultan pendidikan karakter yang diterima anak dalam lingkup keluarga dan masyarakat menjadi pengalaman bagi anak yang menjadi kepribadiannya. Sejumlah pengalaman tersebut, perlu mendapat penguatan dalam lingkup pendidikan formal yang dilakukan oleh sekolah. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan nilai-nilai sosial-budaya, termasuk didalam nilai-nilai religius dan nilai-nilai kearifan lokal. Selayaknya implementasi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk pendidikan karakter di sekolah adalah penguatan nilai-nilai karakter yang telah menjadi pengalaman pribadi anak yang didapatnya dalam pembelajaran keseharian di keluarga dan lingkungannya.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Ilmu sosial; Pendidikan karakter; Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 08:22 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27554 |