Yusrizal (2017) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Kearifan lokal hanya akan abadi jika terimplementasikan dalam kehidupan konkret sehari-hari sehingga mampu merespons dan menjawab arus perkembangan zaman. Berbagai fenomena sosial yang muncul akhir-akhir ini pun cukup mengkhawatirkan. Hukum begitu jeli pada kesalahan tetapi buta pada keadilan. Karakter bangsa harus segera diluruskan jika tidak mau negara ini hancur dan tertinggal. Belakangan ini pemerintah gencar mengampanyekan Pendidikan Karakter di Indonesia. Pendidikan karakter diyakini mampu menjadi obat mujarab penyembuh problem kemasyarakatan yang semakin terjerembab dalam kasus asusila, anarkisme dan tindakan koruptif di berbagai bidang kehidupan. Salah satu langkah yang harus ditempuh oleh pemerintah untuk membentuk karakter bangsa yaitu melalui pendidikan dengan lebih menekankan pembentukan karakter di dalam kurikulum. Sasaran utama pendidikan karakter yaitu siswa Sekolah Dasar, sebab dari sini karakter mulai terbentuk. Salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang memegang peran penting dalam membentuk karakter dan mengembangkan kebudayaan adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan utama pembelajaran IPS di SD adalah menanamkan kesadaran akan posisi individu, baik dalam kapasitasnya sebagai pribadi maupun sebagai anggota komunitas.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan karakter; Kearifan lokal; Ilmu sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 07:05 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27545 |