Subrata, Robby (2017) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ANTOLOGI 99 RAHIM PER(EMPU)AN KARYA ARIEF SIDDIQ RAZAAN SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2102111026 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. NIM 2132111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM 2102111026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM 2102111026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
5. NIM 2102111026 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 2102111026 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 2102111026 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. NIM 2102111026 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
12. NIM 2102111026 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
13. NIM 2102111026 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang tercermin pada buku antologi 99 Rahim Per(EMPU)an karya Arief Siddiq Razaan. Serta untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter buku antologi tersebut dengan materi ajar dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Jenis penelitian ini mengacu pada penelitian deskriptif. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini mengguankan triangulasi teori dan sumber. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak catat, selanjutnya tabulasi data yang terkumpul di reduksi berdasarkan kelompoknya masing-masing untuk disajikan. Hasil tabulasi seluruh data yang berhubungan dengan nilai pendidikan karakter, ditemukan sebanyak 142 nilai pendidikan karakter yang masing-masing terdistribusi dengan jumlah yang berbeda, diantaranya 41 nilai pendidikan karakter religius; 21 nilai pendidikan karakter jujur; 14 nilai pendidikan karakter disiplin; 13 nilai pendidikan karakter demokrasi; 17 nilai pendidikan karakter peduli sosial; 10 nilai pendidikan cinta damai; 17 nilai pendidikan karakter tanggung jawab; dan 9 nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif. Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter antologi 99 Rahim Per(EMPU)an karya Arief Siddiq Razaan dengan pembelajaran apresiasi sastra di SMA mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006, implementasi dari menikmati dan memanfaatkan karya sastra dalam rangka memperluas wawasan tertuang dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) materi penulisan resensi pada pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA. Dimana materi tersebut terdapat pada standar kompetensi menulis di kelas XI. Dalam hal ini, materi menulis resensi di bagi menjadi dua bagian yaitu mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi dan mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi. Hasil penelitian ini mereprenstasikan bahwa buku antologi tersebut memenuhi salah satu standar kerelevanan sebagai objek pembelajaran sastra di sekolah. Tentunya dengan membaca buku sastra yang sarat dengan nilai pendidikan karakter tentunya akan mempengaruhi budi pekerti siswa dalam kehidupan sehari hari. Dengan membaca buku sastra otomatis kemampuan dan pengetahuan berbahasa siswa juga akan meningkat. Hal ini dikarenakan buku antologi 99 Rahim Per(EMPU)an karya Arief Siddiq Razaan mengandung banyak kosa kata dan berbagai ragam bahasa di dalamnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 140 |
Keywords: | ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, KUALITATIF DESKRIPTIF, ARIEF SIDDIQ RAZAAN, 99 RAHIM PER(EMPU)AN, ANALISIS SASTRA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 15:04 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27448 |