Azura (2017) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133111010 COVER.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
2. NIM 2133111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
3. NIM 2133111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM 2133111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 2133111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 2133111010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 2133111010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM 2133111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
12. NIM 2133111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
13. NIM 2133111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018, yang berjumlah 327 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, peneliti memilih satu kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII-4 yang berjumlah 34 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes menulis teks prosedur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dikategorikan cukup dengan memperoleh nilai rata-rata 69. Sebanyak 6 siswa atau 17,5% berada di kategori sangat baik, terdapat 6 siswa atau 17,5% berada dikategori baik, terdapat 15 siswa atau 44,5% berada di kategori cukup, terdapat 1 siswa atau 3% berada di kategori kurang, dan terdapat 6 siswa atau 17,5% berada di kategori sangat kurang. Kemampuan siswa menentukan struktur teks prosedur tergolong baik dengan rata-rata 75, kemampuan mengembangkan ciri kebahasaan teks tergolong cukup dengan rata-rata 67, kemampuan menggunakan ejaan bahasa Indonesia tergolong sangat kurang dengan rata-rata 54. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis teks prosedur masih tergolong cukup. Aspek struktur isi, ciri kebahasaan, dan ejaan bahasa Indonesia yang baik merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 150 |
Keywords: | Kemampuan; menulis; teks prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 14:57 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27439 |