Hutagaol, Lely Ruth Maruli (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELI HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2131111028 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
02. NIM 2131111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
03. NIM 2131111028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
04. NIM 2131111028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
05. NIM 2131111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
06. NIM 2131111028 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
07. NIM 2131111028 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
08. NIM 2131111028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
12. NIM 2131111028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM 2131111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli Helvetia.Penelitian ini menggunakan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design yaitu model eksperimen semu yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli Helvetia tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 310 siswa dan yang menjadi sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa, yakni VIII-4 untuk kelas pre-test dan post-test.Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling .Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah test esai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, data pre-test memperoleh rata-rata sebesar 61,29 dan standar deviasi 7,77 sedangkan data post-test memperoleh rata-rata 78,38 dan standar deviasi 7. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh to selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel taraf signifikan 5% selanjutnya diperoleh tabel pada taraf signifikan 5% = 2,04 maka hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan media gambar terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa yang diajarkan lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan media gambar banjir dapat diterima.
Dengan demikian , dapat simpulkan bahwa ada pengaruh media gambar banjir terhadap kemampuan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Deli Helveti Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 153 |
Keywords: | Madia Gambar, Menulis, Teks Persuasif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 14:56 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27436 |