KESANTUNAN BERBAHASA DALAM TEKS PIDATO SISWA KELAS IX MTS NURUL KHAIRIYAH SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Al-Anshor, Mukhlis (2017) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM TEKS PIDATO SISWA KELAS IX MTS NURUL KHAIRIYAH SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2102111018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2102111018 COVER.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2132111004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2132111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2102111018 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2102111018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2102111018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2102111018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2102111018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2102111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2102111018 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2102111018 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 2102111018 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
10. NIM 2102111018 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 2102111018 REFERANCE.pdf]
Preview
Text
11. NIM 2102111018 REFERANCE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesantunan berbahasa dalam teks pidato siswa kelas IX MTs Nurul Khairiyah Sei Tuan tahun pembelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kesantunan berbahasa ini difokuskan kepada bentuk kesantunan imperatif yang terdiri atas imperatif permintaan (dengan penanda kata kesantunan tolong, coba, harap, dan beberapa ungkapan lain, seperti: sudilah kiranya, dapatkah seandainya, diminta dengan hormat, dan dimohon dengan sangat), ajakan (dengan penanda kata kesantunan ayo, biar, coba, mari, harap, hendaknya, dan hendaklah), dan suruhan (dengan penanda kata kesantunan ayo, biar, harap, hendaklah, hendaknya, mohon, silahkan, dan tolong). Jumlah teks pidato yang dianalisis sebanyak 23 teks pidato yang terbagi menjadi 2 tema yakni 10 buah tema pendidikan dan 13 buah tema lingkungan. Dari jumlah 23 teks pidato yang terbagi atas tema pendidikan dan lingkungan dianalisis kesantunan berbahasa imperatif permintaan, ajakan, dan suruhan ditemukan sebanyak 76 data. Data hasil analisis tersebut masing-masing terbagi diantaranya 9 data kalimat kesantunan imperatif permintaan, 54 data kalimat kesantunan imperatif ajakan, 13 data kalimat kesantunan imperatif suruhan. Selanjutnya 9 data kalimat kesantunan imperatif permintaan masing-masing terdiri dari 1 data dari teks pidato dengan tema pendidikan dan 8 data dari teks pidato bertema lingkungan. Sedangkan 51 data kalimat kesantunan imperatif ajakan terdiri dari 28 data dari teks pidato dengan tema lingkungan dan 26 data dari teks pidato dengan tema pendidikan. Kemudian 13 data kalimat kesantunan imperatif suruhan terdiri dari 11 data dari teks pidato dengan tema pendidikan dan 2 data dari teks pidato dengan tema pendidikan Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IX MTs Nurul Khairiyah Sei Tuan tahun pembelajaran 2016/2017 lebih banyak menggunakan kalimat kesantunan imperatif ajakan dibandingkan dengan kalimat kesantunan imperatif suruhan maupun kalimat kesantunan imperatif suruhan dalam teks pidato mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 IND 168
Keywords: Kesantunan, Imperatif, Teks pidato
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Nov 2017 14:51
Last Modified: 27 Nov 2017 06:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27421

Actions (login required)

View Item
View Item