PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS BERWAWASAN KEBANGSAAN SEBAGAI MATAKULIAH JATI DIRI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIMED

Nurjannah (2017) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS BERWAWASAN KEBANGSAAN SEBAGAI MATAKULIAH JATI DIRI DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIMED. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran Pedidikan IPS berwawasan kebangsaan sebagai matakuliah jati diri FIS Unimed. Subjek penelitian ini yaitu: validator ahli sebanyak 7 orang yang terdiri dari ahli: Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, bahasa Indonesia, dan desain buku ajar. Penelitian ini merupakan model penelitian pengembangan ADDIE. Gagne dkk (dalam Januszewski dan Molenda, 2008) “memberikan perluasan dari tahap-tahap ADDIE ke dalam sebuah panduan prosedural yang lebih rinci yaitu: analyze, design, development, implementation, and evaluation”. Data dikumpulkan melalui angket validasi ahli. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan IPS berwawasan kebangsaan sebagai mata kuliah jati diri di Fakultas Ilmu Sosial UNIMED yang dikembangkan pada penelitian ini sangat layak digunakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNIMED. Temuan lain dari hasil penelitian ini, buku ajar IPS dapat membantu dosen dalam mengembangkan wawasan kebangsaan mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Ilmu sosial; Wawasan kebangsaan; Pembelajaran; Jati diri
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2017 08:50
Last Modified: 23 Nov 2017 09:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27400

Actions (login required)

View Item
View Item