Wahyuningsih, Sri (2017) KAJIAN TEORI SENI DALAM PEMAHAMAN PANCASILA KE ARAH PEMBENTUKAN NILAI NILAI KEBANGSAAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Pancasila dapat berfungsi sebagai peroses pembentukan karakter kepribadian, melalui nilai moral yang ditanamkan, sebagai dasar awal bagi landasan manusia beretika dalam rangkaian kehidupan di segala bidang lewat ilmu pengetahuan, termasuk karya seni. Melalui karya-karya seni ini akan menggambarkan nilai-nilai moral yang hidup yang selalu ada dan menjiwai bagi pelaksanaan kehidupan manusia dalam pencapaian cita-cita nasional melalui pendidikan seni dalam kaitan dengan nilai-nilai moral Pancasila. Penelitian ini bertujuan sebagai penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan karakterisktik dalam kajian nilai seni pada lingkungan pendidikan mahasiswa Sendratasik Universitas PGRI Palembang dan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan mahasiswa dalam pencapaian nilai-nilai kebangsaan sebagai pengamalan dalam sila-sila Pancasila. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa seni berfungsi sebagai wahana ekspresi, pengembang kreatifitas, pengembangan bakat, sebagai sarana pengembang keterampilan, sebagai sarana untuk menunjang kelancaran berekspresi atau berkreativitas pembentuk keperibadian manusia yang mencerminkan nilai budaya suatu bangsa sebagai pembentuk jati diri bangsa kearah nilai-nilai kebangsaan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Seni; Pancasila; Nilai kebangsaan; Karakter |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education N Fine Arts > NX Arts in general N Fine Arts > NX Arts in general > NX650 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 07:52 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27397 |