PENGEMBANGAN COMPACT DISC PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN

Siregar, Ahmad Dahlan (2017) PENGEMBANGAN COMPACT DISC PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VII SMP NEGERI 35 MEDAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Compact Disc (CD) pembelajaran yang layak menurut ahli materi, ahli media dan pengguna, (2) mengetahui kebermanfaatan produk melalui ketuntasan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis dan desain, dilakukan survei dilapangan untuk menganalisis kebutuhan siswa. Tahap desain disesuaikan dengan kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran. Tahap pengembangan, validasi ahli model dan materi, kemudian dilakukan revisi produk. Tahap implementasi di kelas VII SMP Negeri 35 Medan pada 36 siswa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) CD Pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan skor 3,65 dan ahli model dengan skor 3,64 dengan kategori sangat baik. (3) Keefektifan CD Pembelajaran dibuktikan melalui peningkatan hasil belajar siswa dari 55,29 menjadi 88,65. Respon siswa secara umum menanggapi positif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Compact disc; Prakarya; Bahan ajar; E-learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2017 05:06
Last Modified: 23 Nov 2017 05:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27392

Actions (login required)

View Item
View Item