KONSTRUKSI SOSIAL DAN PRAKSIS PEMBELAJARAN IPS

Sukamto (2017) KONSTRUKSI SOSIAL DAN PRAKSIS PEMBELAJARAN IPS. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Makalah dimaksudkan sebagai pemantik diskusi tentang Praksis Pembelajaran IPS dengan memanfaatkan dua khasanah keilmuwan dan atau entitas yang disebut dengan konstruksi sosial di satu pihak dan Praksis Pembelajaran dipihak lain. Dalam pandangan penulis bahwa ke dua entitas itu mempunyai kekayaan dan kedalaman yang cukup besar, sehingga perpaduan daripadanya dapat memperkaya kasanah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Konstruksi sosial yang secara eksplisit dikemukakan dan diformulasikan dalam buku “The Social Construction of Reality” atau “Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan” buah karya Peter L Berger dan Thomas Luckmann. Konstruksi sosial dalam suatu adalah khas Barat sedangkan Praksis Pembelajaran IPS adalah khas Nusantara atau Indonesia. Keandalan bahkan kontroversial konstruksi sosisl sudah tidak dapat diragukan lagi sampai kini, sedangkan Praksis Pembelajaran IPS harus dipupuk dan dikembangkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Konstruksi sosial; Ilmu sosial; Pembelajaran; Praksis pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2017 05:00
Last Modified: 23 Nov 2017 05:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27391

Actions (login required)

View Item
View Item