PENGARUH KESADARAN BERDISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA KATOLIK 2 KABANJAHETAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ginting, Sari Jusnita (2017) PENGARUH KESADARAN BERDISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA KATOLIK 2 KABANJAHETAHUN PELAJARAN 2014/2015. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian NON PTK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kesadaran Berdisiplin terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Katolik 2 Kabanjahe. Lokasi dalam penelitian ini adalah SMA Katolik 2 Kabanjahe. Hal ini didasari atas pertimbangan karena ada permasalahan kedisiplinan di sekolah tersebut serta pihak sekolah memberikan izin untuk memperoleh dan mengumpulkan data-data berkaitan dengan masalah kedisiplinan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMA Katolik 2 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 140 orang siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 28 orang yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah Kesadaran Berdisiplin dan Prestasi
Belajar Siswa. Data tentang kedisiplinan dikumpulkan melalui angket tertutup dengan memberikan tanda silang, sedangkan data tentang prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui studi dokumentasi. Teknik Analisa Data dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil mpenelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi antara pengaruh kesadaran berdisiplin terhadap prestasi belajar siswa SMA Katolik 2 Kabanjahe diperoleh r hitung = 0,61 termasuk kategori sedang atau cukup dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dimana t hitung = 3,92 dan t tabel = 2,06 bahwa t hitung > t tabel. Ini berarti bahwa hipotesis dalam penelitian diterima yang menyatakan ada Pengaruh Kesadaran Berdisiplin terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Katolik 2 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kedisiplinan; Prestasi belajar; Kesadaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518 Individual ethics. Character. Virtue
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Nov 2017 04:08
Last Modified: 23 Nov 2017 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27389

Actions (login required)

View Item
View Item