PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN LESSON STUDY DALAM KAJIAN & PRAKTEK LAPANGAN (KPL)

Tanjung, Ardyanto and Ekasasnanda, I Dewa Putu and Soelistijo, Djoko (2017) PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN LESSON STUDY DALAM KAJIAN & PRAKTEK LAPANGAN (KPL). In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan salah satu perguruan tinggi yang mewajibkan pelaksanaan lesson study dalam program Kajian & Praktik Lapangan (KPL) bagi mahasiswa praktikannya. Tujuan dari program ini tentunya untuk pola pembinaan kolaborasi calon pendidik. KPL ditujukan untuk pembentukan guru atau tenaga pendidik yang profesional melalui kajian dan praktik di sekolah. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pengkajian mengenai persepsi guru pamong terhadap pelaksanaan lesson study mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru pamong terhadap pelaksanaan lesson study dalam Kajian dan Praktik Lapangan mahasiswa fakultas ilmu sosial. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner dan wawancara yang nanti digunakan peneliti untuk mengumpulkan informasi dari guru pamong di Kota Batu dan Kota Malang. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap mereduksi data, penyajian data, dan tahap verifikasi data atau kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Guru Pamong terhadap perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial sangat optimal. Hal ini ditunjukkan dengan komponen dalam pelaksanaan lesson study mulai plan, do dan see sudah dilaksanakan. Namun masih terdapat 25% respoden yang menjawab kurang optimal mengenai keterlaksanaan pembuatan
chapter design dan lesson plan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Guru pamong; Lesson study; Praktik lapangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Nov 2017 10:13
Last Modified: 22 Nov 2017 10:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27386

Actions (login required)

View Item
View Item