UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR PERIKSA DIRI SENDIRI MELALUI MODIFIKASI PADA SISWA SMP SWASTA HKBP PARDAMEAN TAHUN AJARAN 2016/ 2017

Purba, Bartineus (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR PERIKSA DIRI SENDIRI MELALUI MODIFIKASI PADA SISWA SMP SWASTA HKBP PARDAMEAN TAHUN AJARAN 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 6131111020 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 6131111020 COVER.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 6131111020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 6131111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 6131111020 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM 6131111020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 6131111020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 6131111020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 6131111020 TABLE OF CONTENS.pdf]
Preview
Text
5.NIM 6131111020 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 6131111020 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6.NIM 6131111020 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 6131111020 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7.NIM 6131111020 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 6131111020 LIST OF APPENDIXES.pdf]
Preview
Text
8.NIM 6131111020 LIST OF APPENDIXES.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 6131111020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 6131111020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 6131111020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 6131111020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 6131111020 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14.NIM 6131111020 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar lempar cakram dengan menggunakan gaya mengajar periksa diri sendiri melalui modifikasi pada siswa SMP Swasta HKBP Pardamean tahun ajaran 2016/ 2017, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2017 dengan jumlah siswa 32 orang . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini adalah test hasil belajar lempar cakram yang berbentuk portofolio. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan gaya mengajar periksa diri sendiri melalui modifikasi alat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar lempar cakram siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP Pardamean tahun ajaran 2016/2017. Nilai rata-rata siswa pada data awal adalah 61,81 (tidak tuntas), pada test siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,79 (tidak tuntas), pada pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 80,98 (tuntas). Persentase ketuntasan belajar siswa pada data awal adalah 15,62%, pada test siklus I meningkat menjadi 56,25% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 87,5%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga test siklus I yaitu 7,98 dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test siklus I hingga test siklus II yaitu 11,19 dan peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus I adalah 40,63 % dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 31,25 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui modifikasi alat meningkatkan hasil belajar lempar cakram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PJKR 107
Keywords: Pendidikan Jasmani,Lempar Cakram,Sikap awalan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2017 11:46
Last Modified: 24 Nov 2017 07:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27373

Actions (login required)

View Item
View Item