Suminah (2007) HUBUNGAN DISIPLIN DAN KREATIVITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMA SWASTA DI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
035020230 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
035020230 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
035020230 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
035020230 - Bab I.pdf - Published Version
Download (834kB) | Preview
035020230 - Bab V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
035020230 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai hubungandisiplin dan kreativitas secara bersama-sama dengan prestasi belajar bahasaIndonesia siswa SMA Swasta di Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilakukandi SMA Swasta di Kabupaten Deli Serdang yang mempunyai Nilai Ujian AkhirNasional untuk Bahasa Indonesia untuk tahun ajaran 2004/2005 di bawah nilai 6,00,yaitu pada SMA Swasta PAB 6 Helvetia, SMA Swasta Karya Pembangunan, SMASwasta PAB 1 Medan Estate, dan SMA Swasta Era Utama. Populasi penelitian iniadalah meliputi seluruh siswa kelas 111 pada keempat sekolah tersebut yang berjumlah221 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 66 orang siswa. Variabel dalampenelitian ini adalah disiplin, kreativitas yang dikumpulkan dengan angket danprestasi belajar bahasa Indonesia yang diukur dengan tes prestasi basil belajar.Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa, (1) Terdapat hubungan antaradisiplin dan prestasi belajar bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi ry.1 = 0,445dengan uji-t diperoleh thitung = 3,982. Besar sumbangan variabel disiplin terhadapprestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 19,11%. (2) Terdapat hubungan antarakreativitas dan prestasi belajar bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi ry.10,332 dengan uji-t diperoleh thitung = 2,984 dan ttabel = 1,98. Besar sumbanganvariabel kreativitas terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 10,33 %. (3)Terdapat hubungan antara disiplin dan kreativitas secara bersama-sama denganprestasi belajar bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi ganda R = 0,543 denganFhitung = 13,143 dan Ftabel = 3,14. Besar sumbangan kedua variabel yaitu disiplin dankreativitas secara bersarna-sarna terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar29,44%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Disiplin, Kreativitas, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2735 |