PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA KELAS VIII A SMP NEGERI 23 MEDAN T.A 2017/2018

Putra Ritonga, Oky Rinaldi (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA KELAS VIII A SMP NEGERI 23 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 6131111052 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 6131111052 COVER.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 6131111052 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 6131111052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 6131111052 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 6131111052 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 6131111052 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 6131111052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 6131111052 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 6131111052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 6131111052 TABLES.pdf]
Preview
Text
6.NIM 6131111052 TABLES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 6131111052 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM 6131111052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 6131111052 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM 6131111052 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 6131111052 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9.NIM 6131111052 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 6131111052 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13.NIM 6131111052 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 6131111052 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 6131111052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menendang bola (passing) dalam permainan sepakbola melalui penerapan pendekatan saintifik pada siswa kela VIII A SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa yang terdiri dari 11 siswa putra dan 29 siswa putri, yang diberi tindakan berupa pembelajaran terhadap hasil belajar menendang bola (passing) sepakbola melalui penerapan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar menendang bola (passing) diakhir setiap siklus. Analisis data dimulai dengan paparan data secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 19 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan (47,50%) telah mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar, sedangkan 21 siswa (52,50%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata – rata 71,65. (2) dari tes belajar siklus II diperoleh data sebanyak 34 orang siswa dengan nilai rata – rata sebesar (85%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar sedangkan 6 orang siswa (15%) masih belum tuntas dalam hasil belajar. Dengan nilai rata – rata hasil belajar adalah 78,05. Sehingga kenaikan nilai rata – rata antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 6,4 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar menendang bola (passing) dalam permainan sepakbola pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PJKR 131
Keywords: tes belajar, hasil belajar, Pendidikan Jasmani
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Nov 2017 11:25
Last Modified: 23 Nov 2017 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27324

Actions (login required)

View Item
View Item