Putra Ritonga, Oky Rinaldi (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA KELAS VIII A SMP NEGERI 23 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 6131111052 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2.NIM 6131111052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3.NIM 6131111052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4.NIM 6131111052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5.NIM 6131111052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6.NIM 6131111052 TABLES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7.NIM 6131111052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8.NIM 6131111052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9.NIM 6131111052 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
13.NIM 6131111052 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14.NIM 6131111052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menendang bola (passing) dalam permainan sepakbola melalui penerapan pendekatan saintifik pada siswa kela VIII A SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa yang terdiri dari 11 siswa putra dan 29 siswa putri, yang diberi tindakan berupa pembelajaran terhadap hasil belajar menendang bola (passing) sepakbola melalui penerapan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar menendang bola (passing) diakhir setiap siklus. Analisis data dimulai dengan paparan data secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 19 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan (47,50%) telah mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar, sedangkan 21 siswa (52,50%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar. Dengan nilai rata – rata 71,65. (2) dari tes belajar siklus II diperoleh data sebanyak 34 orang siswa dengan nilai rata – rata sebesar (85%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar sedangkan 6 orang siswa (15%) masih belum tuntas dalam hasil belajar. Dengan nilai rata – rata hasil belajar adalah 78,05. Sehingga kenaikan nilai rata – rata antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 6,4 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran pendekatan saintifik dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar menendang bola (passing) dalam permainan sepakbola pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 131 |
Keywords: | tes belajar, hasil belajar, Pendidikan Jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:25 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27324 |