Siagian, Agung Sintong (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING MELALUI MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6133311034 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 6133311034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 6133311034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4. NIM. 6133311034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
5. NIM. 6133311034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
6. NIM. 6133311034 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
7. NIM. 6133311034 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. NIM. 6133311034 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
9. NIM. 6133311034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
13. NIM. 6133311034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM. 6133311034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lempar lembing melalui modifikasi alat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-9 SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa, diantaranya terdiri dari wanita 15 orang dan laki-laki 15 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang terdiri dari siklus I Dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (siklus I) dan tes hasil belajar II (siklus II) yang berbentuk aplikasi teknik dasar lempar lembing sebanyak dua kali pertemuan.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) Dari tes hasil belajar setelah diberikannya tindakan pada siklus I diperoleh 16 siswa (53,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 siswa (46,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 70,00 (tidak tuntas). Karena belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran dengan pemanfaatan media modifikasi. (2) dari tes hasil belajar II (siklus II) diperoleh 26 siswa (86,67%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 78,3 (tuntas). Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media modifikasi alat dari rangkaian lidi dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar lempar lembing siswa kelas VIII-9 SMP Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 135 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani,Lempar Lembing,Sikap akhir |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1060.5 Track and field athletics G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 11:22 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27315 |