Rahmah, Khairul (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS X SMA SWASTA SINAR HUSNI MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133121024 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM. 4133121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 4133121024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4. NIM. 4133121024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM. 4133121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
6. NIM. 4133121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM. 4133121024 TABLE.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM. 4133121024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
9. NIM. 4133121024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
13. NIM. 4133121024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14. NIM. 4133121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Statis kelas X SMA Swasta Sinar Husni Medan T.P. 2016/2017.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Control group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Sinar Husni Medan T.P. 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 93 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang mengambil 2 kelas, yaitu kelas, yaitu kelas X IPA-2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X IPA-1 sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar berbentuk pilhan ganda sebanyak 20 soal yang telah divalidkan oleh validator, dan lembar observasi aktivitas siswa pada model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Uji hipotesis menggunakan uji t.
Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 32,5 dan kelas kontrol 31,83. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Berdasarkan uji t dua pihak diperoleh thitung = 0,3508 dan ttabel = 2,002 sehingga thitung < ttabel, maka kemampuan awal kedua kelas tersebut sama. Setelah diberi perlakuan di masing-masing kelas, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 77,17 dan kelas kontrol 67,67. Kedua kelas juga berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen, setelah itu dilakukan uji t satu pihak, hasil uji t diperoleh thitung = 5,6886 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel pada taraf nyata 0,05 maka Ha diterima, dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Statis di kelas X SMA Swasta Sinar Husni Medan T.P. 2016/2017. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 71 termasuk dalam kriteria aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 208 |
Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:12 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27298 |