PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMAN 14 MEDAN T.P.2016/2017

Silaban, Maria Megawaty (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMAN 14 MEDAN T.P.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 4123121034 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 4123121034 COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 4123121034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 4123121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 4123121034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 4123121034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 4123121034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 4123121034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 4123121034 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
05. NIM 4123121034 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 4123121034 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM 4123121034 TABLES.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 4123121034 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
07. NIM 4123121034 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 4123121034 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM 4123121034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 4123121034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 4123121034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123121034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123121034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123121034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123121034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode curah pendapat (barinstorming) terhadap hasil siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMAN 14 Medan T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMAN 14 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari hasil penelitian diperoleh, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 334,38 dengan standar deviasi 14,55 dan pada kelas kontrol sebesar 33,84 dengan standar deviasi 14,02. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe group investigation sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh nilai rata–rata kelas eksperimen 77,14 dengan standar deviasi 14,71 dan kelas kontrol 60,41 dengan standar deviasi 15,95. Melalui pengujian statistik menggunakan uji t satu pihak dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X Semester II SMAN 14 Medan T.P.2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 218
Keywords: KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION; HASIL BELAJAR; AKTIVITAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Nov 2017 14:05
Last Modified: 22 Nov 2017 02:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27289

Actions (login required)

View Item
View Item