Silaban, Maria Megawaty (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMAN 14 MEDAN T.P.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4123121034 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
02. NIM 4123121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
03. NIM 4123121034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
04. NIM 4123121034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
05. NIM 4123121034 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
06. NIM 4123121034 TABLES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
07. NIM 4123121034 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
08. NIM 4123121034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
09. NIM 4123121034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13. NIM 4123121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
14. NIM 4123121034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan metode curah pendapat (barinstorming) terhadap hasil siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMAN 14 Medan T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMAN 14 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari hasil penelitian diperoleh, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 334,38 dengan standar deviasi 14,55 dan pada kelas kontrol sebesar 33,84 dengan standar deviasi 14,02. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe group investigation sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes dan diperoleh nilai rata–rata kelas eksperimen 77,14 dengan standar deviasi 14,71 dan kelas kontrol 60,41 dengan standar deviasi 15,95. Melalui pengujian statistik menggunakan uji t satu pihak dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X Semester II SMAN 14 Medan T.P.2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 218 |
Keywords: | KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION; HASIL BELAJAR; AKTIVITAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC770 Nuclear and particle physics. Atomic energy. Radioactivity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 14:05 |
Last Modified: | 22 Nov 2017 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27289 |