Simanjuntak, Wanti (2009) HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR INISIASI DAN KONSIDERASI DENGAN EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
071188130067 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
071188130067 Abstrak.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
071188130067 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
071188130067 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071188130067 Bab V.pdf - Published Version
Download (11MB)
071188130067 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan struktur inisiasi dengan efektivitas kepemimpinan, hubungan konsiderasi dengan efektivitas kepemimpinan, hubungan struktur inisiasi dan konsiderasi secara bersama-sama dengan efektivitas kepemimpinan, dan tingkat struktur inisiasi, konsiderasi serta tingkat efektivitas kepemimpinan SMK Negeri Medan.Variabel yang diteliti yaitu struktur inisiasi (X1), konsiderasi (X2), dan efektivitas kepemimpinan (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh guru dan staf pegawai di SMK Negeri Medan yang berjumlah 695 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 61 orang atau 8,8 % yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket, terlebih dahulu diujicobakan. Hashl uji coba angket tentang struktur inisiasi diperoleh 5 butir yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,689, angket mengenai konsiderasi diperoleh 6 butir yang tidak valid dengan koefisien reliabilitas 0,649 dan angket mengenai efektivitas kepemimpinan diperoleh 8 butir yang tidak valid dengan kefisien reliabilitas sebesar 0,703.Telcnik analisis data dilakukan dengan analisis deslcripsi den analisis inferensi yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur inisiasi dan konsiderasi tennasuk kategori tinggi, dan efektivitas kepemimpinan tennasuk kategori cukup efektif. Kemudian hasil pengujian hipotesis menunjukkan : (1) terdapat hubungan positif dan berarti antara struktur inisiasi dengan efektivitas kepemimpinan ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,62 dan t hitung = 6.96 > t tabel (59, 5%) = 2,001, (2) terdapat hubungan positif dan berarti antara konsiderasi dengan efektivitas kepemimpinanditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,67 dan t hitung= 6.96 > t tabel (59, 5%) = 2,001,dan (3) terdapat hubtmgan positif dan berarti antara struktur inisiasi dan konsiderasi secara bersama-sama dengan efektivitas kepemimpinan ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,73 dan F hitung = 34,18 > F tabel (2, 59) = 4,00 pada α = 5 % dan sumbangan efektif sebesar 54 %, yang berarti bahwa 54 % efektivitas kepemimpinan SMK Negeri Medan dapat dijelaskan dengan variabel struktur inisiasi dan konsiderasi secara bersama¬sama melalui persamaan garis regresi ganda Y = 6,19 + 0,54 X1 + 0,91 X2.Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat hubungan positif yang berarti antara struktur inisiasi dan konsiderasi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan efektivitas kepemimpinan SMK Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 068 Sim h |
Keywords: | Struktur inisiasi; Konsiderasi; Perilaku tugas; Perilaku hubungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2724 |