Wimatra, Ayub (2009) PENGEMBANGAN KONSEP TARUNA TENTANG DASAR-DASAR KOMPUTER DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Masters thesis, UNIMED.
061188230048 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
061188230048 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
061188230048 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
061188230048 - Bab I.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
061188230048 - Bab V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
061188230048 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar Dasar-dasar Komputer sehingga konsep Taruna berkembang, (2) rneningkatkan performa instruktur dalam memberikan materi dengan menggunakan metode dan kurikulum yang sesuai dengan karakter dan kondisi Taruna, dan (3) mengetahui dampak penerapan pendekatan konstruktivisme pada Taruna untuk mata kuliah Dasar-Dasar Komputer pokok bahasan Local Area Network (LAN).Penelitian dilakukan di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan pada 18 Taruna Angkatan III Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara Semester II Tahun Akademik 2008. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: (1) tes tertulis untuk mengetahui konsep Taruna, (2) wawancara untuk mengetahui tanggapan instruktur dan Taruna tentang penerapan model pembelajaran, dan (3) observasi untuk memperoleh data tentang kegiatan instruktur dan Taruna dan perkembangan keterampilan berpikir kreatif Taruna selama proses belajar mengajar. Uji coba butir soal dilakukan sebelum penelitian dimulai pada 44 orang Taruna Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara Angkatan III dan Diploma III Pengatur Teknik Radio Angkatan IV untuk menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya perabeda dan pengecoh butir soal. Data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep awal Taruna tentang pokok bahasan LAN bervariasi (rata-rata 17,72%), (2) penerapan pendekatan konstruktivisme pada konsep LAN meningkat (66%), (3) penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan aspek keterampilan berpikir kreatif dalam menguatkan antisipasi, menemukan hal-hal yang diharapkan, tidak diharapkan dan sangat diharapkan, dan yang dipertahankan, (4) penerapan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran cenderung dapat mengurangi kegiatan Taruna yang tidak berkaitan dengan proses pembelajaran, dan (5) instruktur dan Taruna memberikan respons positif tentang penerapan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran pada penelitian tindakan kelas memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan konsep Taruna tentang pokok bahasan LAN yang mengimplikasikan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan performa instruktur, yang juga berperan sebagai fasilitator, advisor dan motivator. Oleh karena itu, maka diharapkan untuk menerapkan pendekatan konstruktivisme karena memberikan keleluasaan dalam mengembangkan konsep Taruna secara jauh lebih baik dalam strategi pengajaran pokok bahasan LAN.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.102 Ayu p |
Keywords: | Konsep Taruna; Dasar Komputer; Konstruktivisme; |
Subjects: | L Education > LA History of education > LA173 Higher education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 30 May 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2723 |