Andriani, Suningsih (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MATERI BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA T.A..2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133111055 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM 4133111055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM 4133111055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
4. NIM 4133111055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
5. NIM 4133111055 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM 4133111055 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM 4133111055 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8. NIM 4133111055 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
9. NIM 4133111055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM 4133111055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
14. NIM 4133111055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 1 Bangunpurba T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Semester I SMP N 1 Bangunpurba yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen A yaitu kelas VII-3 yang berjumlah 35 orang dan kelas eksperimen B yaitu kelas VII-1 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan satu jenis instrumen yaitu post-test only yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen A dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas eksperimen B dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen A sebesar 77,23 dan nilai rata-rata kelas eksperimen B sebesar 70,86. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 67 dan = 0,05, diperoleh thitung = 1,8 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung > ttabel yaitu 1,8 > 1,669 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 1 Bangunpurba T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 126 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS); Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:33 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27226 |