Sagala, Putri Theresia (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 1 BINJAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133111042 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM. 4133111042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM. 4133111042 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM. 4133111042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. NIM. 4133111042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 4133111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 4133111042 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 4133111042 TABLE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 4133111042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
10. NIM. 4133111042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
14. NIM. 4133111042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
15. NIM. 4133111042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Binjai melalui model discovery learning berbantuan Geogebra (2) Mengetahui ketuntasan siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Binjai terhadap kemampuan penalaran matematis (3) Mengetahui respon siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Binjai dalam pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning berbantuan Geogebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2017/2018 yang bejumlah 36 orang. Objek penelitian adalah penerapan model discovery learning berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi koordinat kartesius di kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Binjai T.A 2017/2018.
Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan penalaran matematis untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal yang dilakukan sebelum tindakan, diketahui tingkat kemampuan penalaran matematis siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 41,32. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan penalaran matematis siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 66,14 dan sebesar 55,56% siswa yang mencapai ketuntasan yaitu tingkat kemampuan penalaran matematis minimal sedang. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan siklus II, tingkat kemampuan penalaran matematis siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 80,03 dan sebesar 88,89% siswa yang mencapai ketuntasan yaitu tingkat kemampuan penalaran matematis minimal sedang. Respon siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning berbantuan geogebra adalah positif dengan persentase pada siklus I sebesar 80,36% dan pada siklus II sebesar 91,47%.
Berdasarkan uraian-uraian di atas dapat disimpulkan penalaran matematis siswa meningkat dengan menerapkan model discovery learning berbantuan geogebra pada materi koordinat kartesius di kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Binjai T.A 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 152 |
Keywords: | Discovery Learning; Penalaran Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:28 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27218 |