Harefa, Siti Wasty (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 27 MEDAN TA. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133311082. COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 4133311082. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
3. NIM 4133311082. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4. NIM 4133311082. PREFACE.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
5. NIM 4133311082. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
6. NIM 4133311082. TABLES.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
7. NIM 4133311082. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM 4133311082. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9. NIM 4133311082. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM 4133311082. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM 4133311082. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran
kooperatif talking stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada
materi operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.A 2017/2018. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian
ini adalah 35 siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan dan objek penelitian ini
adalah hasil belajar matematika siswa pada materi Operasi aljabar di kelas VIII-3
SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes hasil belajar. Tes
digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar matematika
siswa terhadap materi operasi aljabar dan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan
yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi aljabar setelah
diberikan pengajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
talking stick.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2
siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan
tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik dan setiap akhir siklus diberikan
tes hasil belajar. Dari hasil analisis data tes diagnostik diperoleh banyaknya siswa
yang mencapai ketuntasan belajar dari tes diagnostik yaitu 5 dari 35 siswa atau
14.29% dengan rata-rata kelas 46.42. Hasil analisis data pada siklus I setelah
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick menunjukkan
banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 22 dari 35 siswa atau
62.86% dengan rata-rata kelas 65. Hasil analisis data akhir siklus II dengan
pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai ketuntasan belajar
yaitu 31 dari 35 siswa atau 88.57% dengan rata-rata kelas 74.86. Ini berarti terjadi
peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I hingga siklus II.
Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah
mencapai target ketuntasan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif talking stick di kelas VIII SMP
Negeri 27 Medan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi
operasi aljabar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 171 |
Keywords: | hasil belajar; talking stick |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:13 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27200 |