Nasution, Wardah Khairani (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132111039 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
2. NIM. 4132111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM. 4132111039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4. NIM. 4132111039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. NIM. 4132111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
6. NIM. 4132111039 TABLES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
6. NIM. 4132111039 TABLES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
7. NIM. 4132111039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
8. NIM. 4132111039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
9. NIM. 4132111039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM. 4132111039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 4132111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik pada materi untuk siswa kelas VIII SMP yang berorientasi pada kemampuan spasial siswa. Kualitas perangkat pembelajaran mengacu berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 dan VIII-8 SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, keterlaksanaan perangat pembelajaran dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan, tes kemampuan spasial siswa untuk mengukur keefektifan.
Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3,5 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria baik dan skor rata-rata LKS yaitu 3,8 dari skor maksimal 4,0 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 93,86% dari maksimal 100% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan peningkatan hasil post-test kemampuan spasial siswa uji coba I dan uji coba II dengan peningkatan sebesar 3,06
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 185 |
Keywords: | perangkat pembelajaran, pendekatan realistik, kemampuan spasial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Nov 2017 15:04 |
Last Modified: | 20 Nov 2017 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27186 |