Almeda, Rikcy (2017) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN PHET DAN KEMAMPUAN KERJASAMA TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156175009 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2. NIM. 8156175009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
3. NIM. 8156175009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM. 8156175009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
5. NIM. 8156175009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM. 8156175009 TABLE.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 8156175009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8156175009 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 8156175009 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
13. NIM. 8156175009 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM. 8156175009 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai apakah pengetahuan konseptual siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan PhET lebih baik daripada pembelajaran konvensional; untuk mengetahui apakah pengetahuan konseptual siswa yang memiliki kemampuan kerjasama di atas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan kerjasama di bawah rata-rata; untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan PhET dengan kemampuan kerjasama dalam meningkatkan pengetahuan konseptual siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester 2 Pesantren Nurul Hakim (MAS) pada Tahun Ajaran 2016/2017. Pemilihan sampel dilakukan dengan Teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan PhET dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes pengetahuan konseptual dan angket kemampuan kerjasama yang telah divalidkan dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan konseptual siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan PhET lebih baik dengan nilai 75,33 dibandingkan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 69,00; pengetahuan konseptual siswa yang memiliki kemampuan kerjasama diatas rata-rata dengan nilai 75,17 lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemampuan kerjasama dibawah rata-rata dengan nilai 69,53; terdapat interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan PhET dan kemampuan kerjasama terhadap pengetahuan konseptual siswa sebesar 0,037. Interaksi ini menunjukkan pengetahuan konseptual siswa dominan pada model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantuan PhET pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan kerjasama diatas rata-rata.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Alm e |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Group Investigation; PhET; Kemampuan Kerjasama; Pengetahuan Konseptual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:21 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 01:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27150 |