Gultom, Hansen Gunawan (2017) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KEPUASAN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP SWASTA KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132012 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 8156132012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 8156132012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4. NIM. 8156132012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 8156132012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 8156132012 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 8156132012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 8156132012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 8156132012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
13. NIM. 8156132012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. NIM. 8156132012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru; (2) pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru; (3) pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru; (4) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru; dan (5) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. Subjek penelitian adalah guru SMP Swasta di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan dengan jumlah sampel sebanyak 144 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportional simple random sampling. Metode penelitian menggunakan pendekatan analisis jalur bertujuan untuk menguji pengaruh variabel eksogenous terhadap variabel endogenous dalam memperoleh informasi tentang kinerja guru SMP Swasta di Kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja dengan 21 > rtabel = 0,231 > 0,159 dan thitung > ttabel = 2,832 > 1,645; (2) supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja dengan 31 > rtabel = 0,307 > 0,159 dan thitung > ttabel = 3,841 > 1,645; (3) supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru dengan 41 > rtabel = 0,215 > 0,159 dan thitung > ttabel = 2,617 > 1,645; (4) kepuasan kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru dengan 42 > rtabel = 0,166 > 0,159 dan thitung > ttabel = 2,012 > 1,645; dan (5) motivasi kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru dengan 43 > rtabel = 0,402 > 0,159 dan thitung > ttabel = 5,239 > 1,645. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa supervisi akademik kepala sekolah, kepuasan kerja, dan motivasi kerja mempengaruhi kinerja guru SMP Swasta di Kota Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Gul p |
Keywords: | Supervisi; Akademik; Kepala sekolah; Kepuasan kerja; Motivasi kerja; Kinerja guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:19 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27127 |