Sianipar, Amin Natalina (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 SUNGGAL MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8126172043 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 8126172043 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. NIM 8126172043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 8126172043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM 8126172043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 8126172043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 8126172043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 8126172043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 8126172043 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM 8126172043 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 8126172043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Ar Rahman Medan. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran kontekstual dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) test kemampuan komunikasi matematis, (2) angket disposisi matematis. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi isi. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis pada kelas pembelajaran kontekstual dan kemampuan komunikasi matematis pada kelas pembelajaran biasa. Kemudian perbedaan tersebut kemampuan komunikasi matematis pada kelas pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi pada kelas pembelajaran biasa, (2) terdapat perbedaan tingkat disposisi matematis pada kelas pembelajaran kontekstual dan tingkat disposisi matematis pada kelas pembelajaran biasa, perbedaan tersebut menunjukkan bahwa tingkat disposisi matematis pada kelas pembelajaran kontekstual lebih baik dari pada tingkat disposisi matematis pada kelas dengan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sya p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Geogebra; Pembelajaran Konvensional; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:19 |
Last Modified: | 04 Dec 2017 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27126 |