Harahap, Winda Permata Sari (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BUDI PEKERTI BERBASIS BUDAYA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR KABUPATEN TAPANULI SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156121011 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8156121011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM 8156121011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM 8156121011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM 8156121011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM 8156121011 TABLES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7. NIM 8156121011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 8156121011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8156121011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
13. NIM 8156121011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM 8156121011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran budi pekerti berbasis budaya angkola dan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran budi pekerti berbasis budaya jawa. (2) Mengetahui hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik. (3) Mengetahui ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS Terpadu siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Timur Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah 185 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk pilihan berganda (2) Lembar angket gaya belajar siswa. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk serta koefisien reliabilitas. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan anava 2 jalur dimana sebelumnya dilakukan uji persyaratan data yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Hasil belajar siswa yang mendapatkan Pembelajaran Budi pekerti berbasis budaya angkola sebesar F-tabel = 2,76 untuk dk (3,58) dengan taraf nyata α = 0,05. Ternyata nilai F-hitung = 6,48> F-tabel = 4,00, (ii) hasil belajar IPS Terpadu siswa dengan gaya belajar kinestetis dari pada hasil belajar IPS Terpadu siswa dengan gaya belajar visual F-hitung = 4,33 sedangkan nilai F-tabel = 2,76 untuk dk (3,58) dengan taraf nyata α = 0,05 dan (iii) Ada interaksi antara faktor pembelajaran dengan faktor gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, diperoleh F-hitung = 9,62 sedangkan nilai F-tabel = 2,76 untuk dk (3,58) dengan taraf nyata α = 0,05. Ternyata nilai F-hitung = 9,62 > F-tabel = 2,76). Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa teruji kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Har p |
Keywords: | Pembelajaran budi pekerti berbasis budaya angkola; Pembelajaran budi pekerti berbasisi budaya jawa; Hasil belajar; Gaya belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:19 |
Last Modified: | 05 Dec 2017 02:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27117 |