Alya ALYA, CCut Anisa Sara (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DAN SNOWBALL THROWING (ST) PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133341091 COVER.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
2. NIM 4133341091 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
3. NIM 4133341091 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM 4133341091 PREFACE .pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
5. NIM 4133341091 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 4133341091 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 4133341091 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 4133341091 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM 4133341091 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
13. NIM 4133341091 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. NIM 4133341091 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di MAN Lubuk Pakam ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
kooperatif Group Investigation dan model pembelajaran kooperatif Snowball
Throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan
memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Lubuk Pakam yaitu sebanyak 5
kelas dengan rata-rata jumlah siswa sebanyak 40 orang. Sampel penelitian diambil
dua kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu Kelas
Eksperimen I (X1) dan Kelas Eksperimen II (X2) masing-masing sebanyak 39
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk
objektif tes, yaitu untuk soal postes sebanyak 30 soal yang masing-masing telah
dinyatakan valid dan reliabel. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji
normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan uji
Lilliefors dan homogenitas diuji dengan uji F. Dari pengujian yang dilakukan
diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil
penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dari hasil
belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing
dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 12.15 > 1.991 pada
taraf 0,05 . Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postes
sebesar 82.45±12.8. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata
postes sebesar 72.5±13.7. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil
belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan
model pembelajaran Snowball Throwing pada Materi Ekosistem kelas X MAN
Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 170 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation, Snowball Throwing, Ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 09:18 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27113 |