Ginting, Sri Nursyamsyiah (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI POKOK VIRUS SESUAI DENGAN KEBUTUHAN PENGALAMAN BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA/MA BERBASIS PENDEKATAN NILMIAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132141031 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 4132141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM 4132141031 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. NIM 4132141031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. NIM 4132141031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM 4132141031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM 4132141031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 4132141031 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM 4132141031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
10. NIM 4132141031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM 4132141031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
15. NIM 4132141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD biologi berbasis pendekatan ilmiah materi pokok virus. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Sasaran uji coba dalam penelitian ini adalah siswa X SMA Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar angket. Analisis data meggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Pengembangan LKPD biologi berbasis pendekatan ilmiah dilakukan menggunakan model 4-D yaitu melalui tahap pendefenisian, perancangan, dan pengembangan, dan penyebaran. Akan tetapi penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis pendekatan ilmiah berdasarkan penilaian ahli konstruksi diperoleh 88%, penilaian ahli materi diperoleh 89% masing-masing dikategorikan sangat baik, penilaian guru 86% dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil uji kelompok kecil diperoleh skor 95% dengan kriteria sangat baik. LKPD biologi materi pokok virus berbasis pendekatan ilmiah yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat baik dan telah memenuhi persyaratan kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 227 |
Keywords: | LKPD, VIRUS, PENDEKATAN ILMIAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 08:54 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27068 |