Ginting, Masta (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS DI KELAS V SD. Jurnal School Education, 06 (01). pp. 19-29. ISSN 2355-1720
Reviewer.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan desain PTK dan menggunakan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan persentase dan analisis kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian dari 25 orang siswa pada saat tes awal tingkat ketuntasan klasikal siswa kelas V sebanyak 5 orang siswa (20%) sedangkan sebanyak 20 orang siswa (80%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 46,42. Pada siklus I sebanyak 10 orang siswa (40%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (60%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 60,01. Pada siklus II sebanyak 21 orang siswa (84%) mendapat nilai tuntas, sedangkan sebanyak 4 orang siswa (16%) belum mendapat nilai tuntas, dengan nilai rata-rata klasikal 86,01.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar; Make a match; Ilmu sosial; Model pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 04:54 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27046 |