Bukit, Herawati (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 107402 SAENTIS. Elementary School Journal, 05 (02). pp. 56-63. ISSN 2355-1747
Fulltext.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V SD Negeri 107402 Saentis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 107402 Saentis yang berjumlah 33 orang. Data hasil observasi kegiatan guru pada Siklus I pertemuan 1 dengan rata-rata rendah 58,30%, Siklus I pertemuan 2 dengan rata-rata tinggi 73,61%, Siklus II pertemuan 1 dengan rata-rata sangat tinggi 84,72%, Siklus II pertemuan 2 dengan rata-rata sangat tinggi 91,66%. Dari data observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan rata-rata 50%, Siklus I Pertemuan 2 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 62,5%, Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 75,09%, dan Siklus II Pertemuan 2 motivasi belajar siswa sangat tinggi dengan rata-rata 84,84%. Dari hasil data yang diperoleh dapat dilihat terjadi peningkatan motivasi belajar siswa, sehingga disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V di Negeri 107402 Saentis.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Motivasi belajar; Model pembelajaran; Ilmu sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 09:53 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26992 |