MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDEN TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) KELAS V SD ETIS LANDIA KEC. MEDAN HELVETIA

Bukit, Herawati (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDEN TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) KELAS V SD ETIS LANDIA KEC. MEDAN HELVETIA. Elementary School Journal, 05 (01). pp. 37-43. ISSN 2355-1747

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SD Swasta Etis Landia T.A 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan pada pretes diperoleh nilai rata-rata 61,85 dari 27 siswa (37,03%) atau 10 siswa yang tuntas. Pada siklus I diperoleh rata-rata 69,62 dengan 17 orang siswa (62,96%) sudah tuntas, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,62 dengan 24 orang siswa (88,89%) sudah tuntas dan 3 orang siswa (14,81%) belum tuntas belajar. Hasil observasi siswa siklus I 59,97% dan siklus II 87,5%. Demikian pula hasil observasi guru siklus I 83.92% dan siklus II 94,64%.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar; Ilmu sosial; Model pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 Nov 2017 09:37
Last Modified: 16 Nov 2017 04:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26990

Actions (login required)

View Item
View Item