Daulay, Jamil Poso (2009) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
045020302 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
045020302 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
045020302 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
045020302 - Bab I.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
045020302 - Bab V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
045020302 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahuin perbedaan pengaruh antara strategi pembelajaran kolaboratif dan strategi pembelajaran kompetitif terhadap hasil belajar Fisika, (2) untk mengetahui perbedaan hasil belajar Fisika antara siswa dengan tingkat komunikasi interpersonal tinggi dengan hasil belajar siswa dengan komunikasi interpersonal rendah, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hash belajar Fisika.Populasi penelitian adalah 280 siswa VIII SMP Negeri 1 Medan yang terdiri atas 7 kelas. Sampel penelitian yang dilakukan adalah dengan teknik duster random sampling dengan siswa ditetapkan kelas VIII-3 yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif dan siswa kelas VIII-5 dengan pembelajaran strategi kompetitif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 32 soal. Untuk mendapatkan data komunikasi interpersonal siswa digunakan angket yang berjumlah 29 pernyataan. Uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah analisis varians (ANAVA) dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05 dilanjutkan dengan uji Scheffe.Basil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yangdibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif X= 22,7 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategipembelajaran kompetitif X = 22,05, dengan Flutung = 82,64 > Ftabel = 3,96, (2)rata-rata hash belajar siswa dengan komunikasi interpersonal tinggi X 26,28 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan komunikasiinterpersonal rendah X = 19,75, dengan Ftutung = 4,92 > Ftabel = 3,96, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar Fisika dengan Fh,t„„g = 21,19 > Ftabel = 3,96.Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa siswa yang dengan karakteristik komunikasi interpersonal tinggi, strategi yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran kolaboratif dan siswa dengan karakteristik komunikasi interpersonal rendah rendah, strategi yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran kompetitif. Implikasinya adalah penerapan strategi pembelajaran Kolaboratif dan Kompetitif hams disesuaikan dengan tinggi dan rendagnya tingkat komunikasi interpersonal. Disarankan kepada guru yang merencanakan untuk menerapkan strategi pembelajaran Kolaboratif harus mengetahui karakteristik interpersonal siswa dan kepada peneliti lainnya, hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai referensi untuk penelitian yang Iebih jauh dan populasi yang berbeda serta jumlah sampel yng Iebih besar sehingga hasil penelitian ini akan Iebih bermanfaat bagi peningkatan kualitas hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Dau p |
Keywords: | Komunikasi Interpersonal; Hasil Belajar Fisika; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 May 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2699 |