Bukit, Herawati (2016) PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS IV. Jurnal School Education, 06 (02). pp. 38-44. ISSN 2355-1720
Reviewer.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SD kelas IV dengan menggunakan metode kerja kelompok. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari hasil observasi motivasi belajar pada tahap awal, diperoleh sebanyak 3 orang yang memiliki motivasi belajar yang tinggi atau 8,57%. (2) dari hasil observasi motivasi belajar pada siklus I diperoleh sebanyak 11 siswa yang memiliki peningkatan motivasi belajar atau 31,43%, sehingga pada siklus I, terdapat 14 siswa yang termotivasi atau 40%. (3) dari hasil observasi motivasi belajar siswa siklus II diperoleh data, siswa yang memiliki motivasi tinggi menjadi 29 orang atau 82,86%, terdapat peningkatan sebanyak 15 siswa yang memiliki motivasi tinggi atau 42,86%.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Motivasi belajar; Metode belajar; Kerja kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 08:06 |
Last Modified: | 03 Nov 2017 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26987 |