Bukit, Herawati (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DI SDN 020276 BINJAI TIMUR. Jurnal Handayani, 04 (01). pp. 152-158. ISSN 2355-1739
Reviewer.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe TGT. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 23 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I pertemuan 1 yaitu 13,04% dengan rata-rata 43,38, siklus I pertemuan 2 tergolong rendah yaitu 34,78% dengan rata-rata 56,70, siklus II pertemuan 1 tergolong sangat tinggi yaitu 86,95% dengan rata-rata 72,10 dan siklus II pertemuan 2 tergolong sangat tinggi yaitu 100% dengan rata-rata 86,05. Hasil lembar observasi guru mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 adalah 60,71%, siklus I pertemuan 2 adalah 75%, siklus II pertemuan 1 adalah 89,28% dan siklus II pertemuan 2 adalah 100% dan rata-rata keseluruhan adalah 81,24%.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Aktivitas belajar; Matematika; Model pembelajaran; Team games tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 04:33 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26985 |