Saragih, Honglianta Rosnetti (2009) PEGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR ASUHAN KABIDANAN I (KEHAMILAN) MAHASISWA D.III KEBIDANAN STIKES MUTIARA INDONESIA. Masters thesis, UNIMED.
061188230033 - Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
061188230033 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
061188230033 - Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
061188230033 - Bab I.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
061188230033 - Bab V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
061188230033 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskprisikan: (1) hasil belajar Asuhan Kebidanan I mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dan hasil belajar Asuhan Kebidanan I yang diajar dengan strategi pembelajaran elaborasi, (2) hasil belajar Asuhan Kebidanan I antara mahasiswa dengan tingkat kemandirian tinggi dengan mahasiswa dengan tingkat kemandirian rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar Asuhan Kebidanan I.Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa D.III Kebidanan STIKES Mutiara Indonesia semester II terdiri dart 4 kelas dengan jumlah mahasiswa seluruhnya adalah 157 mahasiswa. Penarikan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Terpilih sebagai kelas pembelajaran inkuiri adalah semester II-A dan semester II-C sebagai kelas pembelajaran elaborasi.Instrumen yang digunakan untuk mengukur basil belajar adalah tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pinball. jawaban sebanyak 39 soal. Untuk mendapatkan data kemandirian digunakan angket yang berjumlah 36 pernyataan. Uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah analisis varians (ANAVA) dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05 dilanjutkan dengan uji Scheffe.Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkandengan strategi pembelajaran inkuiri X= 22,9 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran elaborasi X= 21,3, dengan Fhitung = 191,48 > Ftebel = 3,968, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengankemandirian tinggi I= 29,54 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengankemandirian rendah X= 17,76, dengan Fhitung = 3,99 > Ftabel = 3,968, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar Asuhan Kebidanan I dengan Fhitung = 56,77 > Ftabei = 3,968.Berdasarkan .hasil analisis data disimpulkan bahwa mahasiswa yang dengan karakteristik kemandirian tinggi, maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran inlcuiril dan mahasiswa dengan karakteristik kemandirian rendah maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran elaborasi. Implikasinya adalah penerapan strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran elaborasi harus disesuaikan dengan karakteristik kemandirian mahasiswa. Disarankan kepada tenaga pengajar yang merencanakan dan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran elaborasi harus mengetahui karakteristik kemandirian mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sar p |
Keywords: | Hasil Belajar Asuhan; Mahasiswa; Kehamilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 May 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2697 |