Amalia, Endah (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 30 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171043 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 8156171043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM. 8156171043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 8156171043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
5. NIM. 8156171043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM. 8156171043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 8156171043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 8156171043 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
12. NIM. 8156171043 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13. NIM. 8156171043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Validitas, kepraktisan, dan efektifitas media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan ; 2) Peningkatan kemampuan spasial siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan ; 3) Peningkatan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap mengujicobakan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan di kelas VIII-1 dan VIII-6 SMP Negeri 30 Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh : 1) Validitas media pembelajaran yang dikembangkan valid, kepraktisan media pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari : a) Kevalidan media pembelajaran menurut para ahli; b) Angket uji kepraktisan media pembelajaran matematika yang dikembangkan tergolong dalam kategori praktis dengan nilai uji kepraktisan minimal 76% dan keefektifan media pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari : a) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) Respon siswa terhadap media pembelajaran matematika positif; c) Penggunaan waktu ideal. 2) Terjadi peningkatan kemampuan spasial siswa pada uji coba I yaitu 68,89 meningkat menjadi 73,61 pada uji coba II; dan 3) Terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa pada uji coba I yaitu 119,3 meningkat menjadi 122 pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Ama p |
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran Matematika; Macromedia Flash; Kemampuan Spasial; Motivasi Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:53 |
Last Modified: | 01 Nov 2017 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26952 |