Zahara, Rosina (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8 PADA MATA PELAJARAN IPS SDN 1 BAYEUN KECAMATAN RANTAU SELAMAT ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156182039 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM 8156182039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. NIM 8156182039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM 8156182039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM 8156182039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM 8156182039 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 8156182039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8156182039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8156182039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM 8156182039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM 8156182039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash profesional 8 pada materi perjuangan melawan penjajah untuk siswa kelas V SDN 1 Bayeun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan Dick and Carey, dengan tahapan (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan instruksional, (3) menyusun naskah media, (4) validasi ahli, (5) revisi, dan (6) uji coba produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan: data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Hasil Validasi ahli materi pada penilaian kelayakan isi berada pada kriteria baik (78%); (2) Hasil Validasi ahli desain pembelajaran berada pada kriteria baik (79%); (3) Hasil Validasi Media berada pada kretiria sangat baik (80,5%); (4) Uji coba perorangan berada pada kriteria sangat baik (86,1%); (4) uji coba kelompok berada pada kriteria sangat bagus (82,7%); (5) uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik (83,4%). Demikian pula dengan uji efektifitas produk terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran berbasis macromedia flash pada materi perjuangan melawan penjajah dengan kelas yang hanya menggunakan buku teks sebagai media pembelajaran. Dari data yang diperoleh diketahui untuk pretest thitung = 0,13 < ttabel = 1,67 dapat disimpulkan kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar sebelum diberi perlakuan adalah sama sedangkan untuk posttest thitung = 4,10 > ttabel = 1,67 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian media Macromedia flash 8 yang dikembangkan ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Zah p |
Keywords: | Pembelajaran Interaktif; Macromedia flash; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 09:47 |
Last Modified: | 17 Nov 2017 01:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26941 |