IDENTIFIKASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL SISWA MELALUI MEDIA WINGEOM DI SMP N 1 MANYAK PAYED

Muliati, Sri (2017) IDENTIFIKASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL SISWA MELALUI MEDIA WINGEOM DI SMP N 1 MANYAK PAYED. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan visual spasial adalah kemampuan untuk memvisualisasikan gambar, yang di dalamnya termasuk mengenal bentuk dan benda secara tepat, menggambarkan suatu hal atau benda dalam pikiran dan mengubahnya dalam bentuk nyata. Pada penelitian ini, yang menjadi topik dalam permasalahan yaitu bagaimana kecerdasan visual spasial siswa di SMPN 1 Manyak payed dan bagaimana pula mengidentifikasi kemampuan kecerdasan visual spasial tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kecerdasan visual spasial siswa melalui media wingeon di SMPN 1 Manyak Payed dengan materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Manyak Payed yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 161 dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara undian. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.4 dengan jumlah siswa 26 orang.Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 3 butir soal.
Hasil menunjukkan bahwa siswa kelas VIII.4 yang mampu memenuhi indikator kecerdasan visual spasial dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar sebanyak 7 siswa. Selain ke-7 siswa yang mampu memenuhi indikator kecerdasan visual spasial tersebut, terdapat 7 siswa yang mencapai 3 indikat dan 7 siswa yang hanya mencapai 2 indikator dengan masing-masor secara acak, 7 siswa mencapai 2 indikator secara acak dan 10 siswa hanya mampu mencapai 1 indikator secara acak. Adapun keempat indikator tersebut yaitu pengimajinasian, pemecahan masala, pengkonsepan dan mencarian pola. Jadi, dapat disimpulkan bahwa setiap siswa memiliki kategori kemampuan kecerdasan visual spasial yang berbeda-beda menurut indikator capaian masing-masing.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Wingeom; Bangun ruang; Media pembelajaran; Kecerdasan visual spasial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:25
Last Modified: 31 Oct 2017 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26936

Actions (login required)

View Item
View Item