OPTIMASI CUTTING STOCK SATU DIMENSI PADA INDUSTRI PEMOTONGAN BALOK KAYU DENGAN MENGGUNAKAN METODE COLUM GENERATION TECHNIQUE

Khairani, Nerli and Hidayat, Ramlah (2017) OPTIMASI CUTTING STOCK SATU DIMENSI PADA INDUSTRI PEMOTONGAN BALOK KAYU DENGAN MENGGUNAKAN METODE COLUM GENERATION TECHNIQUE. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview

Abstract

Permasalah Cutting Stock satu dimensi (CSP-1D) adalah suatu permasalahan yang memanajemen pemotongan balok kayu supaya dapat meminimumkan sisa pemotongan yang dihasilkan dan dapat membentuk pola pemotongan yang optimal. Skripsi ini akan meneliti salah satu kasus CSP-1D pada masalah pemotongan balok kayu di PT. Bukit Intan Abadi Medan dengan tujuan mengoptimalkan pola kombinasi untuk meminimumkan sisa pemotongan balok kayu sesuai pesanan perusahaan di wilayah Sumatera Utara. Pada penelitian ini, digunakan Column Generation Technique di PT. Bukit Intan Abadi Medan. Dari hasil analisis, diharapkan bahwa PT. Bukit Intan Abadi Medan dapat menerapkan metode perhitungan pola pemotongan minimum dengan menggunakan Column Generation Technique dan dengan menggunakan bantuan aplikasi LINDO untuk mempercepat perhitungan agar dapat mengetahui pola pemotongan minimum sehingga dapat menekan sisa pemotongan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Linear programming; Cutting stock; LINDO; Column generation technique
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Oct 2017 04:19
Last Modified: 21 May 2018 09:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26934

Actions (login required)

View Item
View Item