Sitio, Dian Raesita and Sitio, Fransiska (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD PADA MATERI TURUNAN DI KELAS XI IPA SMA N 1 GIRSANG SIPANGAN BOLON. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Pembelajaran kooperatif Tipe STAD pada materi Turunan di kelas XI SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon.Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak (random sampling) yaitu kelas XI IPA 3 yang jumlah siswanya 32 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dan kelas XI IPA 4 yang jumlah siswanya 36 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD.Instrumen penelitian ini berupa pretes dan postes berbentuk essay test sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil analisis, pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretes 47,81 dan postes 78,22. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes 30,86 dan postes 65,00.Dari perhitungan data Post-test siswa diperoleh pada dk = 66 dan taraf nyata a = 0,05 dan dan t(1-a) = t(1-0,05) = t0,95 diperoleh ttabel = 1,6684 dan thitung = 3,4500. Karena thitung(3,4500) > ttabel(1,6684) maka H0 ditolak dan Ha diterima maka disimpulkan Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif Tipe STAD di kelas XI SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Hasil belajar; Jigsaw; Turunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 04:12 |
Last Modified: | 31 Oct 2017 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26932 |