Aritonang, Abden Rahim (2017) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN BIASA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Biasa; (2) Apakah kemampuan disposisi matematis siswa yang diajarkan melalui Pembelajaran Berbasis Masalah lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Biasa.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Sidikalang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-2 dan Kelas XI-3. Kelas XI-2 merupakan kelas eksperimen dan kelas XI-3 merupakan kelas kontrol.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) tes kemampuan pemecahan masalah; (2) Angket disposisi matematis siswa. Tes yang digunakan berbentuk uraian. Tes dan angket yang digunakan telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis inferensial data dilakukan dengan menggunakan Analisis Kovarian (ANAKOVA). Hasil penelitian yang di peroleh yaitu: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada siswa yang melalui model pembelajaran biasa; (2) disposisi matematis siswa yang melalui model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang melalui model pembelajaran biasa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pemecahan masalah; Disposisi matematis; Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran langsung; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 03:27 |
Last Modified: | 31 Oct 2017 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26927 |