PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SUB MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DI KELAS VII

Pratama, Reziono (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA (LAS) BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA SUB MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DI KELAS VII. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VII SMP salah satunya adalah perangkat pembelejaran yang digunakan kurang membantu siswa dalam pembelajaran seperti LAS. Dari permasalahan tersebut diperlukan suatu solusi yaitu mengembangkan LAS untuk menunjang bahan ajar yang sudah ada. Materi yang diambil untuk dikembangkan menjadi materi ajar dalam LAS adalah materi pokok bangun datar dengan sub materi persegi panjang dan persegi. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil pengembangan LAS pada materi persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP valid dan layak digunakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono yang terdiri dari sepuluh langkah. Langkah-langkah tersebut meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya, maka penelitian dilakukan sampai pada tahap enam yaitu uji coba produk, sehingga hasil akhir diperoleh LAS yang telah direvisi dan diujicobakan terbatas. LAS tersebut telah divalidasi oleh satu orang dosen pendidikan matematika dan dua orang guru mata pelajaran matematika. Hasil validasi menunjukkan persentase persepsi validator 84,9 % dan masuk dalam kriteria validasi yang pertama yaitu sangat baik. Kemudian LAS diujicobakan terbatas terhadap 5 orang siswa SMP kelas VII dan diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai 82,3 sehingga respon siswa terhadap pengembangan LAS positif, selanjutnya dilakukan revisi tahap ke dua untuk penyempurnaan LAS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LAS yang dikembangkan baik, layak digunakan, dan menarik untuk dipelajari.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Persegi panjang; Persegi; Two stay two stray; Model pembelajaran; Lembar aktivitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:23
Last Modified: 31 Oct 2017 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26926

Actions (login required)

View Item
View Item