PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII-5 SMP NEGERI 6 BANDA ACEH

Khatimah, Husnul (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII-5 SMP NEGERI 6 BANDA ACEH. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: a) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi Luas Permukaan Kubus dan Balok di kelas VIII-5 SMP Negeri 6 Banda Aceh, b) strategi siswa setelah mengikuti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi Luas Permukaan Kubus dan Balok di kekas VIII-5 SMP Negeri 6 Banda Aceh. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang telah diterapkan di sekolah pada materi luas permukaan kubus dan balok mencapai tujuan yang diinginkan oleh guru, namun yang sedikit menjadi kendala adalah keterbatasan waktu yang dimiliki oleh siswa tersebut. Karena biasanya siswa langsung menggunakan rumus tanpa perlu menentukan sendiri. Tetapi siswa sangat antusias dalam menyelesaikan LKS, jika ada yang tidak dimengerti siswa langsung bertanya pada guru. Kemudian untuk strategi yang digunakan siswa dalam menjawab LKS bermacam-macam, ada siswa yang menggambar jaring-jaring kubus dan balok dengan berbagai macam cara. Tidak tepaku dengan satu jaring-jaring. Sebelum siswa menjawab LKS siswa harus tau dulu dengan menggunakan konsep apa supaya siswa dapat mengetahui rumus dari luas permukaan kubus dan balok. Teknik penilaian dan evaluasi yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah menilai pekerjaan yang dihasilkan oleh siswa yang merupakan hasil kerja siswa dalam menentukan rumus luas permukaan kubus dan balok. penilaian yang sesuai dengan model pembelajaran koopertif tipe jigsaw. Mengetahui cara siswa mendapatkan rumus luas permukaan kubus dan balok dengan menggunakan media kubus dan balok yang telah diberikan guru kepada siswa tiap kelompok ahli

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Jigsaw; Luas permukaan; Kubus; Balok; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 05:38
Last Modified: 30 Oct 2017 05:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26921

Actions (login required)

View Item
View Item